Sabtu, 04 Agustus 2012

Awasi “Status” yang Ber-Virus


Belakangan, pengguna facebook sering  jadi “sasaran tembak” para pelaku kejahatan di dunia maya. Khususnya yang sering mengiming-ngimingi sesuatu dalam sebuah status di situs jejaring social. Menurut seseorang analisis antivirus Vaksinkom, banyak banget virus yang lagi merajalela di internet. Parahnya tuh virus getol banget lagi. Kadang sampe anti virusnya kerepotan.

                Virus yang belakangan ini muncul, lebih cerdik dan selalu merekayasa pesan dalam, facebook, direct messenger twitter, dan situs jejaring social lainnya. Sehingga pesan palsu gak cuma muncul di email penerima, tetapi juga masuk di aplikasi facebook atau bahkan Blackberry. Banyak email program jahat mengiming-ngimingi net user dengan hadirnya aplikasi terbaru di facebook. Email tersebut menawarkan beragam fitur dan sistim login baru yang lebih menarik.
                Kalo pengguna udah tertarik dengan iming-iming tadi nih, maka usr diminta untuk menggunakan sebuah halaman web dan mengunduh sebuah program yang biasanya sih berartikel updatetool.exe. program aneh ini sebenarnya sebuah program jahat dari Zbot yang bakal bikin computer kesayangan kamu menjadi pengirim spam.
                Jeleknya nih, di halaman facebook palsu tersebut pelaku kejahatan bakal merekam email dan password yang di masukan. Harusnya kalo udah adayang aneh terhadap facebook, twitter, atau apapun itu, disarankan langsung aja ganti password. Pasalnya kalo udah kena jebakannya, facebook palsu dan asli hampir mirip. Padaha facebook palsu malah melanjutkan sebuah situs lain.
                Saran lain, gunakanlah aplikasi seperti mozila firefox. Karena aplikasi ini akan segera menandai situs ini sebagai sebuah penipuan. Cara lain, pertebal berikade antivirus kamu. Biar langsung kejerat tuh hacker.
(berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar